MAKALAH SEJARAH PENGEMBANGAN WORD



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.
            Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolahan kata yang paling banyak digunakan. Hal ini disebabkan Word dapat digunakan dengan mudah karena mempunyai tampilan jendela yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol perintah yang mudah digunakan oleh pemakainya (user friendly). Selain itu, Microsoft Word mempunyai kemampuan yang andal untuk membuat berbagai macam dokumen, seperti surat, laporan, memo, faksimile, poster, bulletin, buklet, dan sebagainya.

1.2  Tujuan
Adapun tujuan menyusun makalah ini antara lain :
1.      Untuk memenuhi tugas membuat makalah pada mata kuliah Komputer dan Masyarakat.
2.      Agar makalah ini dapat dipakai sebagai bahan bacaan bagi mereka yang membutuhkan.
3.      Dengan selesainya makalah ini, bagi penulis sendiri memberikan ilmu tersendiri.


1.3 Rumusan Masalah
Rumusan masalah dari makalah yang dibuat penulis kali ini, antara lain :
1.        Bagaimana sejarah perkembangan word ?
2.        Bagaimana cara mengaktifkan microsoft word ?

1.3  Metode Penulisan
Metode yang dugunakan dalam penulisan makalah ini adalah metode kepustakaan yakni dilakukan dengan mengambil referensi dari buku-buku dan internet yang relevan dengan topik penulisan makalah ini sebagai dasar untuk mengetahui dan memperkuat teori yang digunakan.

















BAB II
PEMBAHASAN


2.1. Sejarah Microsoft Word
            Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
·         Word 1981-1989
Konsep dan ide-ide Word dibawa dari Bravo , asli GUI menulis pengolah kata yang dikembangkan di Xerox PARC . Pada tanggal 1 Februari 1983. With this, development on what was originally named Multi-Tool Word began. Dengan ini, perkembangan pada apa yang awalnya bernama Multi-Tool Word dimulai.
Richard Brodie renamed it Microsoft Word , and Microsoft released the program on October 25, 1983, for the IBM PC. Richard Brodie menamainya Microsoft Word, dan Microsoft merilis program pada tanggal 25 Oktober 1983, untuk PC IBM. Free demonstration copies of the application were bundled with the November 1983 issue of PC World , making it the first program to be distributed on-disk with a magazine . However, it was not well received, and sales lagged behind those of rival products such as WordPerfect . Although MS-DOS was a character-based system, Microsoft Word was the word processor for the IBM PC that showed actual line breaks and typeface markups such as bold and italics directly on the screen while editing, although this was not a true WYSIWYG system because available displays did not have the resolution to show actual typefaces. salinan demonstrasi Bebas aplikasi yang dibundel dengan edisi November 1983 PC World , membuat program pertama yang didistribusikan pada-disk dengan majalah . Namun, itu tidak diterima dengan baik, dan penjualan tertinggal produk saingan mereka seperti WordPerfect . Meskipun MS-DOS merupakan sistem berbasis karakter, Microsoft Word merupakan word processor untuk PC IBM yang menunjukkan jeda baris aktual dan jenis huruf markup seperti bold dan miring langsung pada layar ketika mengedit, walaupun ini bukan sistem WYSIWYG benar karena menampilkan tersedia tidak memiliki resolusi untuk menunjukkan tipografi yang sebenarnya. Other DOS word processors, such as WordStar and WordPerfect , used simple text only display with markup codes on the screen or sometimes, at the most, alternative colors. Pengolah kata DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect , digunakan hanya menampilkan teks sederhana dengan kode markup pada layar atau kadang-kadang, pada alternatif yang paling warna,
As with most DOS software, each program had its own, often complicated set of commands and nomenclature for performing functions that had to be learned. Seperti sebagian besar perangkat lunak DOS, setiap program memiliki sendiri, seringkali rumit seperangkat perintah dan tata-nama untuk fungsi melakukan yang harus dipelajari. For example, in Word for MS-DOS, a file would be saved with the sequence Escape-TS: pressing Escape called up the menu box, T accessed the set of options for Transfer and S was for Save (the only similar interface belonged to Microsoft's own Multiplan spreadsheet). Sebagai contoh, dalam Word untuk MS-DOS, file akan disimpan dengan urutan Escape-TS: menekan Escape dipanggil kotak menu, T diakses set pilihan untuk Transfer dan S adalah untuk Menyimpan (hanya antarmuka yang mirip milik Microsoft sendiri Multiplan spreadsheet). As most secretaries had learned how to use WordPerfect, companies were reluctant to switch to a rival product that offered few advantages. Sebagai sekretaris yang paling telah belajar bagaimana menggunakan WordPerfect, perusahaan yang enggan untuk beralih ke produk pesaing yang menawarkan beberapa keuntungan. Desired features in Word such as indentation before typing (emulating the F4 feature in WordPerfect), the ability to block text to copy it before typing, instead of picking up mouse or blocking after typing and a reliable way to have macros and other functions that always replicate the same function time after time, were just some of Word's problems for production typing. Diinginkan fitur dalam Word seperti lekukan sebelum mengetik (meniru fitur F4 di WordPerfect), kemampuan untuk blok teks yang akan disalin sebelum mengetik, bukannya mengambil mouse atau memblokir setelah mengetik dan cara yang dapat diandalkan untuk memiliki macro dan fungsi lain yang selalu meniru fungsi waktu yang sama setelah waktu, hanya beberapa masalah Word untuk mengetik produksi.
Word for Macintosh, despite of the major differences in look and feel from the DOS version, was ported by Ken Shapiro with only minor changes from the DOS source code,which had been written with high-resolution displays and laser printers in mind although none were yet available to the general public. Word untuk Macintosh, meskipun perbedaan besar dalam tampilan dan nuansa dari versi DOS, yang didukung oleh Ken Shapiro dengan hanya sedikit perubahan dari kode sumber DOS, yang telah ditulis dengan menampilkan resolusi tinggi dan printer laser di pikiran meskipun tidak ada yang belum tersedia untuk masyarakat umum. Following the precedents of LisaWrite and MacWrite, Word for Macintosh attempted to add closer WYSIWYG features into its package. Mengikuti preseden dari LisaWrite dan MacWrite, Word untuk Macintosh mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG lebih dekat ke dalam kemasannya. After Word for Mac was released in 1985, it gained wide acceptance. Setelah Word for Mac dirilis pada tahun 1985, diterima secara luas.
Dalam beberapa bulan Word 3.0 digantikan oleh Word 3.01, yang jauh lebih stabil. All registered users of 3.0 were mailed free copies of 3.01, making this one of Microsoft's most expensive mistakes up to that time. Semua pengguna terdaftar dari 3,0 yang dikirimkan salinan bebas dari 3,01, membuat ini salah satu yang paling mahal kesalahan Microsoft sampai saat itu.
·         Word 1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.
·         Word 1997
Firman 97 memiliki kinerja operasi yang sama umum sebagai versi seperti Word 2000. This was the first copy of Word featuring the Office Assistant , "Clippit", which was an animated helper used in all Office programs. Ini adalah salinan pertama dari Word menampilkan Asisten Kantor , "Clippit", yang merupakan penolong animasi yang digunakan dalam semua program Office. This was a take over from the earlier launched concept in Microsoft Bob . Ini adalah mengambil alih dari konsep diluncurkan awal di Microsoft Bob .

·         Word 1998
98 kata untuk Macintosh mendapatkan banyak fitur dari Word 97, dan dibundel dengan paket Office Macintosh 98. Document compatibility reached parity with Office 97 and Word on the Mac became a viable business alternative to its Windows counterpart. Dokumen kompatibilitas mencapai paritas dengan Office 97 dan Word pada Mac menjadi alternatif bisnis yang layak untuk rekan Windows-nya. Unfortunately, Word on the Mac in this and later releases also became vulnerable to future macro viruses that could compromise Word (and Excel) documents, leading to the only situation where viruses could be cross-platform. Sayangnya, Word pada Mac dalam rilis ini dan kemudian juga menjadi rentan terhadap virus makro masa depan yang bisa kompromi Word (dan Excel) dokumen, yang mengarah ke situasi di mana virus hanya bisa cross-platform. A Windows version of this was only bundled with the Japanese/Korean Microsoft Office 97 Powered By Word 98 and could not be purchased separately. Sebuah versi Windows ini hanya dibundel dengan / Japanese Microsoft Office 97 Korea Powered By Word 98 dan tidak bisa dibeli secara terpisah.

·         Tahun 2001 / Word X
Word 2001 adalah dibundel dengan Kantor Macintosh untuk platform itu, memperoleh sebagian besar, jika tidak semua, dari fitur set Word 2000. Released in October 2000, Word 2001 was also sold as an individual product. Dirilis pada Oktober 2000, Word 2001 juga dijual sebagai produk individual. The Macintosh version, Word X, released in 2001, was the first version to run natively on (and required) Mac OS X . Versi Macintosh, Word X, yang dirilis pada tahun 2001, adalah versi pertama untuk menjalankan secara native di (dan diperlukan) Mac OS X

·         Tahun 2002 / Word XP
Word 2002 yang dibundel dengan Office XP dan dirilis pada tahun 2001. It had many of the same features as Word 2000, but had a major new feature called the 'Task Panes', which gave quicker information and control to a lot of features that were before only available in modal dialog boxes. Hal itu banyak fitur yang sama seperti Word 2000, tetapi memiliki fitur baru yang besar yang disebut 'Task Pane', yang memberikan informasi lebih cepat dan kontrol ke banyak fitur yang sebelumnya hanya tersedia di kotak dialog modal. One of the key advertising strategies for the software was the removal of the Office Assistant in favor of a new help system, although it was simply disabled by default. Salah satu strategi iklan kunci untuk perangkat lunak ini adalah penghapusan Kantor Asisten mendukung sistem bantuan yang baru, meskipun itu hanya dinonaktifkan secara default.

·         Word 2003
Untuk versi 2003, program Office, termasuk Word, yang namanya untuk menekankan kesatuan Office suite, sehingga Microsoft Word resmi menjadi Microsoft Office Word.

·         Word 2004
Sebuah versi Macintosh baru Office dirilis pada Mei 2004. Substantial cleanup of the various applications (Word, Excel, PowerPoint) and feature parity with Office 2003 (for Microsoft Windows ) created a very usable release. pembersihan besar dari berbagai aplikasi (Word, Excel, PowerPoint) dan paritas fitur dengan Office 2003 (untuk Microsoft Windows ) menciptakan yang dapat digunakan rilis yang sangat. Microsoft released patches through the years to eliminate most known macro vulnerabilities from this version. Microsoft merilis patch selama bertahun-tahun untuk menghilangkan kelemahan makro yang paling dikenal dari versi ini. While Apple released Pages and the open source community created NeoOffice, Word remains the most widely used word processor on the Macintosh. Sementara Apple merilis Halaman dan komunitas open source dibuat NeoOffice, Firman tetap merupakan pengolah kata yang paling banyak digunakan pada Macintosh.

·         Word 2007
Versi ini berisi banyak perubahan, termasuk format file berbasis XML yang baru, antarmuka didesain ulang, editor persamaan terintegrasi dan bibliografi manajemen. Additionally, an XML data bag was introduced, accessible via the object model and file format, called Custom XML - this can be used in conjunction with a new feature called Content Controls to implement structured documents. Selain itu, XML data tas diperkenalkan, diakses melalui model object dan format file, yang disebut Custom XML - ini dapat digunakan bersama-sama dengan fitur baru yang disebut Kontrol Konten untuk melaksanakan dokumen terstruktur. It also has contextual tabs, which are functionality specific only to the object with focus, and many other features like Live Preview (which enables you to view the document without making any permanent changes), Mini Toolbar, Super-tooltips, Quick Access toolbar, SmartArt, etc. Ia juga memiliki tab kontekstual, yang merupakan fungsionalitas tertentu hanya untuk objek dengan fokus, dan banyak fitur lainnya seperti Live Preview (yang memungkinkan Anda untuk melihat dokumen tanpa membuat perubahan permanen), Mini Toolbar, Super-tooltips, Akses Cepat toolbar, SmartArt, dll
Word 2007 uses a new file format called docx. Word 2007 menggunakan format file baru yang disebut docx. Word 2000-2003 users on Windows systems can install a free add-on called the "Microsoft Office Compatibility Pack" to be able to open, edit, and save the new Word 2007 files. Alternatively, Word 2007 can save to the old doc format of Word 97-2003.Firman 2000-2003 pengguna pada sistem Windows dapat menginstal sebuah free add-on yang disebut "Paket Kompatibilitas Microsoft Office" untuk dapat membuka, mengedit, dan menyimpan file Word baru 2007.  Atau, Word 2007 dapat menyimpan ke tua doc format Word 97-2003.


·         Word 2008
Word 2008 adalah versi terbaru dari Microsoft Word untuk Mac, dirilis pada tanggal 15 Januari 2008. It includes some new features from Word 2007, such as a ribbon-like feature that can be used to select page layouts and insert custom diagrams and images. Ini mencakup beberapa fitur baru dari Word 2007, seperti pita-fitur seperti yang dapat digunakan untuk memilih layout halaman dan menyisipkan diagram adat dan gambar. Word 2008 also features native support for the new Office Open XML format, although the old doc format can be set as a default. Word 2008 juga fitur dukungan asli untuk Office Open XML format baru, meskipun format doc tua dapat ditetapkan sebagai default.

2.2. Cara Mengaktifkan Microsoft Word

Kita dapat memulai atau menjalankan program aplikasi Microsoft Word dengan menggunakan langkah berikut :
1. Pilih dan Klik tombol Start
2. Pilih menu program
3. Kemudian, pilih dan klik program Microsoft Word
4. Tunggu sampai jendela program aplikasi Word ditampilkan.
Atau kita juga bisa mengklik mouse kiri sebanyak 2 x shortcut microsoft word pada desktop.






BAB III
PENUTUP

3.1. Kesimpulan
            Perangkat lunak pengolahan kata (Word Processing) adalah perangkat lunak aplikasi yang digunakan untuk membuat tulisan di computer. Berbagai macam bentuk tulisan atau dokumen,seperti surat,laporan,buku,majalah,bulletin,poster,brosur,dan lain sebagainya dibuat dengan menggunakan program pengolahan kata.
            Microsoft Word merupakan program aplikasi pengolahan kata yang paling banyak digunakan. Hal ini disebabkan Word dapat digunakan dengan mudah karena mempunyai tampilan jendela yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol perintah yang mudah digunakan oleh pemakainya (user friendly). Selain itu, Microsoft Word mempunyai kemampuan yang andal untuk membuat berbagai macam dokumen, seperti surat, laporan, memo, faksimile, poster, bulletin, buklet, dan sebagainya.

3.2 Saran
Sudah pada tahukan siapa pencipta microsoft word, ide siapa bagaimana pengembangannya dan apa tujuannya semua sudah dapat menambah wawasan anda mengenai program microsoft word tersebut, daripada kita belajar Cara Bermain Point Blank lebih baik menambah ilmu dengan menambah wawsan pikiran kita. Semoga dengan membaca artikel diatas dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita mengenai program Sejarah Microsoft Word tadi.



DAFTAR PUSTAKA

 Cheryl Tsang (1999):. Microsoft Generasi Pertama. John Wiley & Sons. ISBN 0-471-33206-2 . John Wiley & Sons. ISBN 0-471-33206-2 .  

 Rick Schaut (May 19, 2004). "Anatomy of a Software Bug" . MSDN Blogs . http://blogs.msdn.com/rick_schaut/archive/2004/05/19/135315.aspx . ^ Rick Schaut (19 Mei, 2004). "Anatomi dari sebuah Bug Perangkat Lunak" . MSDN Blogs. http://blogs.msdn.com/rick_schaut/archive/2004/05/19/135315.aspx . Retrieved 2006-12-02 . Diperoleh 2006/12/02.  

A.A. Allen, Roy (October 2001). "Chapter 12: Microsoft in the 1980's" . A History of the Personal Computer: The People and the Technology (1st edition ed.). Allen, Roy (Oktober 2001). "Bab 12: Microsoft di tahun 1980-an" . Sebuah Sejarah Komputer Pribadi: Rakyat dan Teknologi (edisi ed. 1). Allan Publishing. Allan Publishing. pp. 12–13. ISBN 0-9689108-0-7 . http://www.retrocomputing.net/info/allan/eBook12.pdf . hal 12-13. ISBN 0-9689108-0-7 . http://www.retrocomputing.net/info/allan/eBook12.pdf . Retrieved 2006-07-04 . Diperoleh 2006/07/04.  

 Andrew Pollack: "Computerizing Magazines", New York Times, 25th Aug., 1983, http://select.nytimes.com/gst/abstract.html?res=F20813FF3F5C0C768EDDA10894DB484D81&scp=1&sq=microsoft+word&st=nyt (pay link) ^ Andrew Pollack: "Majalah komputerisasi", New York Times, 25 Agustus 1983, http://select.nytimes.com/gst/abstract.html?res=F20813FF3F5C0C768EDDA10894DB484D81&scp=1&sq=microsoft+word&st=nyt (link berbayar)

The first WYSIWYG version of WordPerfect was 6.0, released in 1993: http://www.columbia.edu/~em36/wpdos/chronology.html ^ Versi WYSIWYG pertama WordPerfect adalah 6.0, dirilis pada tahun 1993: http://www.columbia.edu/ ~ em36/wpdos/chronology.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MAKALAH SEJARAH PENGEMBANGAN WORD"

Post a Comment